Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Tradisi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pangandaran


Maulid Nabi adalah hari dimana dilahirkannya Baginda Nabi Agung Muhammad SAW.  Peringatan Maulid Nabi di kampung saya, Pangandaran- sering disebut dengan istilah muludan.  Sobat mungkin punya istilah lain tentang peringaan Maulid Nabi?

Untuk mejelaskam Tradisi Mauludan di Pangandaran saya harus mengingat masa kecil. Karena seiring perkembangan zaman tradisi ini sedikit demi sedikit mulai menurun.  Waktu itu jika tiba bulan Rabiul Awal para santri di madrasah, mushola atau tajug akan semakin ramai.  Santri yang biasanya malas berangkat ngajipun kalau mau Muludan pasti jadi rajin.  Alasannya di bulan ini banyak sekali kegiatan yang memikat mereka.  Mulai dari perlombaan, pentas seni,  intihan,  unjuk kebolehan,  prestasi bahkan ada juga hiburan.

Biasanya pelaksanaan hari H acara ditentukan sebulan sebelumnya bahkan ada yang seminggu sebelumnya ya tergantung sikon. Setelah tanggal pelaksanaan ditentukan,  biasanya dengan musyawarah antara Ustadz dan warga sekitar atau orang tua santri.  Maka segala persiapan mulai dilakukan,  orang tua sebagai panitia menyiapkan sarana dan prasarana termasuk konsumsi dan Mubaligh. Sedangkan anak anak berlatih untuk mengisi kegiatan tersebut.

Guru ngaji akan menyusun beberapa acara,  secara umum acaranya terbagi menjadi dua:
1.  Acara Anak-anak dimulai lebih awal
2. Acara orang tua,  yang merupakan acara inti

Post a Comment

0 Comments