Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Indonesia pernah Impor Ikan Asin dari Taiwan, Ikan Asin Pangandaran Dari mana?

Apa kabar Sobat semua, selamat jumpa lagi di blog saya ini yang menceritakan tentang Pangandaran dan Dunia. Baru-baru ini sedang trend di google trend tentang cuitan Ustadz Teunku Zulkarnaen dan Ibu Susi Pudjiastuti. Mereka sempat berbeda pendapat tentang masalah impor ikan asin Indonesia dari Thailand. Yap... itu cukup seru untuk diikuti dan bakalan menambah wawasan kita. Kalau kata Ibu Susi itu ya, rakyat kita sudah pintar. Nah Oke Sobat, masalah yang seperti itu tadi saya kurang paham dan jelas blank banget. Lalu saya mau ngapain kok nulis judul tentang itu. Ya itu kan cara saya aja supaya Sobat bisa tahu tentang ikan asin yang khas dari kota saya, ikan asin jambal roti khas Pangandaran.

Ikan Asin Jambal Roti Khas Pangandaran, ini benar-benar asli produk Indonesia bukan impor dari luar negeri apalagi impor ikan asin dari Taiwan. Wkwkwk... becanda ya Sobat agar kita menjadi lebih akrab.

Ikan Asin Jambal Roti Asalnya Darimana Mas?

Sudah yang bilang dari tadi olahan ikan yang satu ini benar-benar khas dari Indonesia, khas dari kota wisata Pangandaran. Kalo nggak percaya silahkan aja cari ikan asin jambal roti di Jakarta, atau Bali, di Jogja juga bisa dan coba tanya. Mas Mbak ada ikan asin jambal roti? Jawabannya maaf Mas Mbaknya, di sini tidak ada itu olahan ikan asin khas nya Pengandaran.

Meski demikian Sobat, yang namanya ikan kan ada musimnya. Bagaiaman kalo nggak lagi musim ikan jambal roti yang asalnya dari ikan kadukang (jahan)? Tentu para pedagang di Pangandaran akan impor. Lho kok impor! Maksudnya impor dari daerah lain bukan dari luar negeri. Biasanya mereka akan mengambil dari daerah pesisir pantai seperti Cirebon dan Cilacap.

Cara Pengolahan Ikan Asin Jambal Roti 

BAHAN :
  1. Ikan Manyung/Kadukang
  2. Garam kristal sebanyak 20% dari berat ikan

CARA MEMBUAT IKAN ASIN JAMBAL ROTI :
  1. Ikan manyung segar bagian kepalanya dipotong, dibuang isi perutnya, dan dicuci sampai bersih. Tiriskan hingga benar-benar tiris, lalu timbang.
  2. Ikan dicelupkan sebentar dalam larutan gula merah.
  3. Ikan diberi garam dengan cara memasukkan garam ke dalam rongga perut ikan. Garam yang digunakan sebanyak 20 % dari berat ikan yang telah dibersihkan isi perut. Kemudian ikan disusun berlapis garam di dalam bak. Bak penggaraman ditutup rapat. Ikan diangkat dari bak penggaraman dan garam dikeluarkan dari rongga perut ikan setelah 3 hari penggaraman.
  4. Ikan dibelah memanjang sehingga ikan terbelah dua. Dan bagian daging tebal pada bagian punggung ikan bisa dibelah lagi. Lalu ikan yang telah terbelah dicuci sampai bersih.
  5. Ikan dijemur selama tiga hari hingga kering. Pada saat dijemur, bisa diolesi dengan larutan bawang putih secara merata.
  6. Ikan yang telah kering selanjutnya disimpan.
Demikian cara pengolahan ikan dengan teknik penggaraman untuk pembuatan ikan asin buatan sendiri di rumah. Garam yang digunakan dalam pengolahan ikan jambal roti adalah garam kristal dengan kadar normal dan tidak tercampur oleh unsur lain. Pemberian gula selain untuk meningkatkan cita rasa juga untuk mengurangi garam dan juga mengurangi efek pengerasan yang ditimbulkan oleh pemberian garam pada ikan dimana gula tersebut mengurangi jumlah penguapan air pada ikan.


tags.
Indonesia Impor Ikan Asin Taiwan

Post a Comment

1 Comments

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete